Serunya Organisasi Anak Sekolah


Entah kenapa semenjak menginjakkan kaki di kelas dua belas, gue jadi lebih banyak share tentang masa lalu hehehe. Ya sebenarnya nggak terlalu lama dikenang juga sih. Karna kali ini gue ingin berbagi tentang pengalaman organisasi selama di jenjang aliyah atau SMA. Sejak SMP gue udah ikut banyak organisasi buat cari-cari pengalaman. Berikut daftar organisasi beserta jabatan gue selama SMP sampai SMA yang pernah gue ikutin :
                    Kandidat calon wakil ketua OSIS SMPN 2 Kediri periode 2008-2009
                   Sekretaris OSIS SMPN 2 Kediri periode 2008-2009
               Koordinator Bidang Apresiasi Seni dan Budaya OSIS SMPN 2 Kediri periode 2009-2010
                 Ada perombakan di tengah semester, menjadi Sekretaris MPK SMPN 2 Kediri 2009-2010
                     Pengurus Ekstrskurikuler Bina Vokal SMPN 2 Kediri 2009-2010
                    Pengurus Ekstrakurikuler Mading SMPN 2 Kediri 2009-2010
                    Penulis tetap Komunitas Muda Radar Kediri 2009-2011
                   Bendahara Remaja Masjid Ar-Rahmah Kaliombo Kediri 2011
                    Kandidat calon wakil ketua OSIS MAN Kota Kediri 3 periode 2011-2012
                  Sekretaris OSIS Man Kota Kediri 3 periode 2011-2012
                    Koordinator Sie Kegiatan KIR An-Nahl MAN Kota Kediri 3 periode 2012-2013

OSIS MAN 3 KEDIRI PERIODE 2011-2012

Panitia Pameran Poster dan Lomba Presentasi KIR An-Nahl

Nah,itu tadi pengalaman organisasi gue waktu SMP dan di Aliyah. Banyak banget yang bisa gue dapetin selama mengikuti organisasi. Gue terlatih bicara di depan umum, banyak relasi, banyak temen, dan terlatih untuk mengemban tugas. Kita diberi amanah dan dituntut untuk bertanggung jawab atas tugas dari posisi kita. Kita jadi menghargai waktu, bekerja sistematis dalam mengerjakan tugas sesuai deadline. Disiplin juga harus diterapkan dalam organisasi. Kalau molor sedikit atau ada yang nggak selesai pasti rasanya malu banget. Gue jadi lebih rapi dalam ngerjain tugas, nggak sembarangan, biar hasilnya nggak berantakan alias semrawut. Rasanya gue senang bisa dipercaya, apalagi orang yang mempercayai gue bisa seneng liat gue bisa diamanahi. Kalau lagi ada event besar seperti Dies Natalis atau Milad, sering banget tuh nglembur sampai tengah malem disekolah, kerja keras demi kepentingan banyak manusia. Kalau acara bisa sukses...behh nggak usah ditanya lagi, rasanya lega dan puas,seneng juga... 



Panitia Milad MAN 3 Kediri foto bareng personil Banana SB
Waktu ikut organisasi gue kan terbiasa harus bekerja, jadi nggak perlu lagi tuh yang namanya diperintah. Kalau gue rasa tugas gue udah selesai, dan ada temen yang belum selesai atau bagian lain yang belum terjamah, gue merasa harus ikut bantuin tanpa ada perintah dari koordinator atau ketua panitia. Ikut organisasi juga bisa menjalin hubungan baik dengan para guru loh, para guru jadi lebih hafal sama gue dan nggak segan untuk sharing masalah organisasi atau sekedar berbagi cerita. Gue juga makin tau dari mana asalnya anggaran, cara buat proposal yang bener dan nggak ngasal, cara buat LPJ, cara memanage uang biar nggak cepet habis alias gak kurang untuk kepentingan organisasi dan acara, caranya biar tim solid dan kompak. Kita juga diajari cara menghargai pendapat orang lain, mencoba belajar mendengarkan setiap kritik, saran dan masukan yang ada, toleransi, menjaga hubungan dengan rekan kerja dan masih banyak lagi. Dan yang paling seru adalah kita jadi banyak temen. Karna gue ikut banyak organisasi, jadi temen gue ada banyak di berbagai tempat bahkan sekolah lain. Relasi gue juga makin banyak, kayak waktu gue ikut Komunitas Muda Radar Kediri, di kontak HP gue udah banyak nomor HP para wartawan. Waktu gue butuh bantuan, mereka juga baik banget mau bantuin. Jadi inilah pentingnya relasi. Gimana? Tertarik ikut Organisasi?

0 Response to "Serunya Organisasi Anak Sekolah"

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...